Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim,- Tumbuhan jarak merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam jenis tanaman herbal,tumbuhan ini biasa terdapat didalam hutan,tanah kosong dan didaerah pantai. Namun tanaman ini juga sering dikembangbiakan didalam perkebunan.

Tanaman ini memiliki daun tunggal menjari yaitu antara 7-9 dan berdiamter 10-40 cm. Tanaman tersebut tergolong ke dalam golongan tanaman perdu. Daun jarak ini merupakan tanaman herbal yang tergolong ke dalam genus ricinus,subtribe Ricininae.

Sebutan pohon ini dari daerah jawa disebut Kaliki,disumatera tumbuhan ini disebut dengan Dulang dan ada juga yang menyebutnya Gloah dan di Madura tanaman ini disebutdengan Kaleke.

Sejarah Tanaman Jarak

Jatropha curcas L atau tanaman jarak telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu semasa penjajahan oleh bangsa jepang pada tahun 1942.

Pada masa penjajahan itu masyarakat diperintahkan untuk menanam tanaman jarak dipekarangannya untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan perang bangsa Jepang. Oleh karena itu tidak aneh kalau tanaman jarak ini memiliki beberapa nama daerah lokal seperti :

  • Jarak budeg
  • jarak gundul
  • arak cina (Jawa)
  • baklawah
  • nawaih (NAD)
  • dulang (Batak)
  • Jarak kosta (Sunda)
  • Jarak kare (Timor)
  • Peleng Kaliki (Bugis)
  • Kalekhe paghar (Madura)
  • Arak pager (Bali)
  • Lulu mau
  • paku kase
  • Jarak pageh (Nusa Tenggara)
  • Kuman nema (Alor)
  • Jarak kosta
  • Jarak wolanda
  • Bindalo
  • Bintalo
  • Tondo utomene (Sulawesi)
  • Ai huwa kamala
  • Balacai
  • Kadoto (Maluku)

Tanaman jarak ini memiliki tinggi 1-7m dan bercabang tidak teratur,dan memiliki batang berkayu,silindris dan bila terluka akan mengeluarkan getah.

Macam-macam Jenis Daun Jarak

1. Jarak Pagar

Jarak pagar atau bisa disebut dengan Jathropa Curpas L merupakan satu dari sekian banyak pohon jarak yang tumbuh, Jenis jarak ini paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.Kandungan dalam daun jarak tersebut memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding dengan 3 jenis pohon jarak lainnya.

Jarak pagar memiliki batang yang kokoh dan batang kayunya berbentuk bulat serta terdapat banyak getah. Daun jarak tunggal,lebar,menjari,dan berlekuk sebanyak 3-5 buah. Bunganya berumah satu dan uniseksual,kadang-kadang ditemukan bunga hermaprodit yang berwarna kekuningan.

Bentuk buah dari tanaman jarak ini adalah bulat halus,tidak berbulu dan hampir mirip buah jambu, ketika muda warnanya hijau dan akan berangsur angsur berubah menjadi warna kuning kecoklatan ketika buah menjadi tua.

2. Jarak Kepyar

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Jarak kepyar atau bisa disebut dengan Riccius Communis Linn merupakan pohon yang sekilas mirip seperti singkong. Dan buahnhya pun berbentuk seperti rambutan kecil.

3.Jarak Wulung

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Jarak wulung (Jathropa gossyphofolia) adalah tanaman herbal yang mempunyai batang berkayu serta berbentuk bulat dan berwarna lebih kecoklatan. Daun jarak tersebut akan berwarna keunguan ketika muda dan daunnya berwarna ungu kecoklatan. Buahnya sama seperti pohon jarak pagar hanya tanaman ini lebih kecilan.

4. Jarak Bali

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Tumbuhan jenis ini sering disebut dengan jarak hias,sehingga banyak yang menanamnya didalam pot yaitu untuk sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga biasa disebut dengan Jatropha Podagrica Hook karena tanaman ini memiliki ciri-ciri yang hampir menyerupai umbi,tanaman ini memiliki bunga berwarna merah oranye dan bentuk buahnya elips.

Kandungan Daun Jarak

Kandungan senyawa didalam daun jarak memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan kulit seperti nicotiflorin,isoquercitrin,rutin,kaempferol,quercetin,astragalin,reynoutrin,ricinine,vitamin C275 mg dan berbagai kandungan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Jambu Untuk Kulit Eksim

Fakta Daun Jarak Bagi Kesehatan

Tumbuhan jarak ini sudah dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai tanaman yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman jarak ini berasal dari Amerika dan Meksiko bahkan ada yang mengatakan bahwa tanaman ini multifungsional yang memiliki manfaat fitotropika pada bagian batang,daun,akar hingga getahnya.

Tanaman jarak juga dipercaya bahwa tanaman ini bisa menyembuhkan beragam penyakit. Dr med. dr Maya Surjadjaja,MS,SpGK mengatakan bahwa tanaman jarak itu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman jarak dengan nama latinnya Jatropha Curcas ini memiliki multifungsi,tanaman ini sering digunakan untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Karena didalam tanaman tersebut mempunyai kandungan alkaloid dan fitonutrien yang baik bagi tubuh. Fakta yang lainnya antara lain :

1. Getah tanaman jarak dapat redakan sakit gigi

Tanaman tersebut memiliki kandungan alkaloid yang baik bagi tubuh sehingga mampu mengurangi rasa nyeri. Cara menggunakannya yaitu dengan membuat rebusan dan digunakan untuk berkumur.

2.Mengurangi Jamur Kulit

Getah dari tanaman jarak memiliki sifat antikurap dan berfungsi untuk mengurangi rasa gatal.

3. Mengurangi Radang Telinga

Kandungan alkaloid membantu juga untuk mengurangi radang telinga,namun penggunaannya tidak sembarangan,karena belum pernah ada sebelumnya.

Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Daun jarak merupakan salah satu jenis tanaman herbal. Meskipun mempunyai daun yang tidak besar,namun sudah banyak orang yang menggunakannya karena tanaman ini sudah dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini ada beberapa manfaat dari daun jarak yaitu:

1. Mengatasi Susah BAB

Daun jarak dapat melancarkan BAB dengan cara menyiapkan daun jarak yang masih segar. Setelah itu daun jarak dikukus dan Anda dapat mengkonsumsinya sebagai sayuran pelengkap makanan

2. Menurunkan Demam Pada Bayi

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Cukup dengan menyiapkan tiga helai daun jarak kemudian daun tersebut dicuci sampai bersih. Kemudian daun tersebut diolesi dengan minyak yang masih baru. Setelah itu,panaskan daun tersebut diatas api pada kompor selama dua menit sampai panasnya merata.
Setelah panasnya merata Anda dapat meletakan daun tersebut pada perut dan punggung bayi atau Anda juga dapat memasangkannya pada gurita bayi.

3. Mengobati Kurap

Daun jarak memiliki minyak dan minyak tersebut bermanfaat untuk mengobati kurap dan penyakit kulit umum lainnya. Daun jarak juga memiliki kandungan senyawa aktif seperti asam undesilenat yang berfungsi untuk mengobati kurap.
Caranya cuci dulu daun jarak tersebut sampai bersih kemudian rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan setelah itu panaskan. Kemudian Tempelkan pada kulit yang mengalami masalah dan tutup dengan kain katun.

4. Mengobati Rematik

Manfaat Daun Jarak Untuk Kulit Eksim

Dengan menyiapkan 5-8 lembar daun jarak dan ditumbuk sampai halus kemudian campurkan sedikit air hangat. Setelah itu oleskan kepada bagian yang mengalami rematik. Hal ini akan mengatasi masalah rematik Anda jika Anda melakukannya dengan rutin.

5. Mengatasi Bekas Luka

Adanya bekas luka pada tubuh kita mungkin itu adalah salah satu yang sangat mengganggu bagi penampilan. Untuk mengatasi itu Anda dapat mengatasinya dengan daun jarak. Caranya daun jarak dihaluskan hingga menjadi bubur dan ditambahkan sedikit garam. Kemudian Oleskan kepadea bagian yang terdapat bekas luka tersebut.

6. Memperlancar Proses Persalinan

Daun jarak juga dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses persalinan dan dapat memicu kontraksi sehingga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan bayi terlahir normal.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *