Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim,- Tanaman kelor bisa juga disebut dalam nama latinnya Moringa Oleifera. Tanaman ini sudah dikenal pada jaman dahulu karena memiliki khasiat dan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Selain masyarakat Indonesia, Khasiat ini sudah diketahui oleh orang-orang belahan bumi yang lainnya dari sejak dahulu.

Sejarah Tentang Tanaman Kelor

Pada sekitar 2000 tahun SM atau 5000 tahun silam di India utara,tanaman kelor ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat didaerah tersebut. Tanaman kelor ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan ramuan obat-obatan dalam pengobatan dan perawatan kesehatan kuno yang disebut Ayurveda. Tanaman kelor ini mampu mencegah atau mengobati 300 macam penyakit seperti :

  • Anemia.
  • Asma.
  • Komedo.
  • Kotoran darah.
  • Bronkhitis.
  • Radang selaput lendir hidung.
  • Sesak nafas.
  • Kolera.
  • Konjungtifitas.
  • Batuk.
  • Diare.
  • Infeksi mata dan telinga.
  • Demam.
  • Pembengkakan kelenjar.
  • Sakit kepala.
  • Tekanan darah abnormal.
  • Histeria.
  • Nyeri pada sendi.
  •  Jerawat.
  • Psoriasis.
  • Gangguan pernafasan.
  • Penyakit kudis.
  • Sakit tenggorokan.
  • Keseleo.
  • TBC.

Bukan hanya di India saja, beberapa negara dengan peradaban maju juga telah mengenal tanaman kelor ini sejak ribuan tahun silam,namun dengan tujuan yang berbeda. Tanaman kelor ini selain menjadi pengobatan bisa menjadi parfum dan lotion kulit dari ekstrak minyak dan biji kelor oleh bangsa romawi,Yunani dan Mesir.

Berbagai negara juga memanfaatkan tanaman kelor ini sebagai pengobatan contohnya Guatemala dengan memanfaatkan tanaman ini menjadi obat infeksi kulit dan luka oleh masyarakatnya. Jamaika pada tahun 1817,masyarakatnya memanfaatkan minyak kelor ini untuk keperluan memasak.

minyaknya pun bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan cahaya tanpa asap. Negara Filipina juga menggunakan tanaman kelor ini untuk mengobati anemia,Pembengkakan kelenjar,dan penambah ASI untuk ibu menyusui.

Yang paling berjasa dalam pengembangan tanaman kelor ini aadalah Lowell Fuglie. Dia adalah seorang warga negara perancis yang pertama kali melakukan penelitian kandungan tanaman kelor tersebut.

Dia menemukan fakta ibu-ibu hamil yang mengalami gizi buruk tetapi tetap dapat memiliki bayi yang sehat karena mengkonsumsi tanaman kelor.

Banyak yang dimanfaatkan dari hasil penelitian tersebut oleh setiap negara karena untuk memerangi kondisi gizi buruk, terutama bagi negara yang berkembang di semenanjung Afrika.

Kandungan Nutrisi Tanaman Kelor

Tanaman kelor membuat dan memberikan harapan sebagai tanaman yang dapat menyelamatkan jutaan orang yang mengalami kekurangan gizi. Tanaman kelor ini mengandung nutrisi dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daun kelor ini bisa dimanfaatkan sebagai penyembuhan seperti meningkatkan kualitas kesehatan manusia terutam sebagai asupan gizi. Kandungan daun kelor ini manfaatnya berkali lipat dibandingkan dengan makanan sumber nutrisi lainnya.

Beberapa kandungan Yang terkandung dalam tanaman kelor yaitu :

1. Vitamin

Prof dr Hardinsyah adalah ahli pangan Universitas Sahid Jakarta, telah meneliti bahwa tanaman kelor ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk imunitas dan bagus untuk kulit. Vitamin A dan C ini empat kali lebih tinggi daripada wortel dan tujuh kali lebih tinggi daripada jeruk. Dengan kandungan yang dimilikinya untuk bisa menangkal radikal bebas.

2. Fitosterol dan Flavonoid

Fitosterol dan flavonoid merupakan unsur senyawa yang kerap terkandung dalam tumbuhan yang dibuat sebagai obat. Tanaman kelor ini bermanfaat untuk menangkal penyakit diabetes karena mengandung flavonoid,selain itu filosterol juga sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu sebagai anti kolesterol.

3. Kalsium

Tanaman kelor juga memiliki kalsium yang sangat bermanfaat untuk pemeliharaan tulang dan gigi dan membantu mencegah osteoporosis. Kalsium yang terdapat di tanaman kelor ini juga bermanfaat untuk mengaktifkan beberapa enzim dan hormon yang mengatur pencernaan dan metabolisme lemak.

4. Kalium dan Potasium

Daun kelor juga mengandung kalium untuk memelihara tekanan darah dalam kondisi normal sedangkan potasium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Jadi kedua kandungan nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan tekanan darah seseorang.

5. Efek Laktagogum

Laktagogum yaitu zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Bagi ibu yang menyusui sangat bagus jika mengkonsumsi tanaman kelor ini.

6. Zat Besi

selain dari kandungan yang diatas daun kelor ini juga memiliki kandungan kaya akan zat besi. Zat besi ini sangat bermanfaat untuk mencegah anemia yaitu berkurangnya hemoglobin dalam darah.

Baca juga : manfaat daun sirsak untuk kulit eksim

Fakta Tanaman Daun Kelor

Khasiat tanaman kelor ini sudah dikenal oleh seluruh dunia, banyak para peneliti yang berlomba-lomba untuk mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai khasiat tanaman kelor. Penelitian tersebut menjadi dasar pengguanaan salah satu tanaman obat yang berpenaruh didunia medis. Ini adalah beberapa penelitian tersebut yaitu :

  • Fuglie LJ telah meneliti pada tahun 1999 dan hasil penelitiannya ditulis dalam buku “The Miracle Tree”. Di dalam bukunya menyebutkan bahwa tanaman kelor ini memiliki kandungan berbagai nutrisi seperti vitamin C,Vitamin A,kandungan protein dan mineral. Selain itu ada lebih dari 40 jenis antioksidan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh manusia.
  • Fahey dkk dan Bennet dkk pada tahun 2005 menyebutkan bahwa tanaman daun kelor ini mengandung gula sederhana seperti rhamnose dan senyawa unik lainnya seperti isotiotianat dan glukosanat. Senyawa ini mampu dijadikan sebagai :

– Anti bakteri
– Luka eksternal
– Anti anemik
– Obat infeksi saluran kemih
– Anti hipersensitif
– Diabetes
– Diare
– Disentri
– Colitis
– Rematik dan lain-lain.

  • Penelitian lokal.

Manfaat Daun Kelor

Menyehatkan Kulit Wajah

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim
Manfaat daun kelor ini dapat membebaskan wajah dari noda hitam (flek) dan jerawat serta dapat menyehatkan kulit. sehingga wajah dan kulit akan tetap sehat bersih dan cantik.

Tanaman kelor ini mendapatkan julukan “Miracle Tree” karena dengan banyaknya kandungan dan khasiat yang dimiliki daun kelor ini bisa menawarkan sejuta manfaat. Seperti menjaga sistem imun tubuh, menjaga kesehatan mata dan tulang serta mencegah kanker.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kelor diantaranya :

1. Penambah Tenaga

Daun kelor memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Untuk membantu proses dalam pembentukan energi didalam sel ini harus mengandung kedua zat ini untuk dijadikan sebagai energy booster ketika tubuh mengalami kelelahan karena sakit.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan dalam daun kelor ini bisa menjadi sebagai sistem kekbalan tubuh untuk mencegah kedatangan berbagai infeksi virus dan bakteri pembawa penyakit. Dengan asupan nutrisi yang baik maka sistem kekebalan tubuh ini akan selalu berada dalam keadaan kondisi yang optimal.

Daun kelor ini dapat membantu dan menjaga sistem kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin A,vitamin C dan zat besi sehingga mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah.

3. Mempertahankan Masa Otot

Selain memiliki vitamin,daun kelor ini juga memiliki kandungan protein dan berbagai jenis asam amino essensial untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan masa otot.

4. Anti Stres

Researh Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics meneliti bahwa daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami. Yaitu tanaman ini memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

Jika Anda ingin terbebas dari stres cobalah untuk mengkonsumsi tanaman ini karena manfaat daun kelor ini sudah digunakan berabad-abad yang lalu dan gunanya untuk mengurangi stres sekaligus untuk meningkatkan daya tahan serta untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Menyehatkan Mata

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Eksim

Daun kelor ini memiliki kandungan vitamin A yang begitu tinggi,bahkan 4 kali lebih tinggi daripada wortel. Karena itu daun kelor sangat berperan penting bagi kesehatan mata dan apabila dikonsumsi setiap hari dapat memberikan efek besar terhadap kesehatan mata.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *