Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

 

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim,- Menurut Ardisela pada tahun 2012 Daun mint atau dikenal dengan sebutan Mentha piperita L merupakan salah satu tumbuhan herbal yang menghasilkan minyak atsiri yang disebut juga minyak permen (peppermint). Menurut Sastrohamidjojo pada tahun 2004 mengatakan bahwa jika minyak permen diproses lebih lanjut akan diperoleh kandungan menthol.

Kandungan menthol pada minyak permen yang melewati proses penyulingan pada 70-80% yaitu dengan cara pengurangan tekanan. Sehingga dari hasil penyulingan itu mendapatkan bentuk kristal yang berwarna putih. Oleh karena itu, menthol ini digunakan secara luas dalam bidang obat-obatan serta sebagai bahan yang dicampurkan dalam makanan,minuman,pasta gigi.

Pada awalnya tanaman mentha piperita dan mentha arvensis adalah jenis tanaman yang menghasilkan minyak permen yang berpeluang untuk dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini tumbuh didaerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Dibudidayakan tanaman Mentha piperita L ini harus didaerah subtropik karena waktu berbunga memerlukan waktu yang panjang.

Minyak perment dengan mutu terbaik yaitu diaderah subtropik yang diperoleh dari tanaman yang panen fase berbunga penuh. Pada tahun 1988 Balittro mengatakan bahwa tanaman daun mint ini bisa dipanen sebelum berbunga dan dapat menghasilkan minyak dengan kandungan menthol yang cukup tinggi.

Macam-macam Daun Mint serta Manfaatnya

Tanaman mint ini memiliki kandungan mint yang digunakan untuk berbagai cara kesehatan. Penggunaan daun mint ini dimulai sejak jaman nenek moyang kita dulu. Dan ini beberapa macam jenis tanaman mint yang tumbuh di Indonesia yaitu :

1. Peppermint

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Peppermint memiliki kandungan yang berfungsi untuk meredakan sakit perut, serta digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat misalnya teh. Tanaman ini sebagian besar ditanam di Eropa. Selain untuk meredakan sakit perut tanaman ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit kepala.

2. Spearmint

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Tanaman herbal ini berasal dari daratan Eropa dan Asia serta Amerika selatan. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai minyak carminatif,campuran aroma untuk pasta gigi,minyak aromatik,manisan,permen serta sabun dan sampo.

spearmint memiliki kandungan yang terdiri dari carvone,limonene,dihydrocarvone,cineol,menthol dan menthone. Jumlah menthol dan menthone berbeda dengan banyaknya minyak yang ada di peppermint. Spearmint ini juga berfungsi untuk mengusir tikus.

3.Mountain mint atau menthol mint

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Tanaman mint ini berasal dari dataran yang tinggi atau pegunungan yang memiliki bentuk daun lancip dan juga bergerigi. Tanaman ini digunakan pada minuman,permen serta bumbu masakan karena tanaman ini memiliki aroma khas menthol yang sangat kuat.

4. Berrys dan Cream mint

Tanaman ini banyak digunakan sebagai minuman serta bumbu masakan. Berry&cream mint ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena aromanya dapat menghilangkan stres serta mempercantik taman karena bentuk daun yang selalu segar.

5. Cologe mint

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Eau De Cologe adalah nama lain dari cologe mint. Jenis tanaman ini biasa digunakan untuk parfum karena aromanya yang tajam,segar dan maskulin. Selain itu, bisa digunakan sebagai minumam atau teh yang berfungsi untuk mengurangi rasa mual,pusing,meriang dan lainnya.

6. Chocolate mint

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Tanaman ini memiliki aroma mint serta coklat. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk kepentingan medis dibagian daun dan minyaknya. Vitamin A dan vitamin C dalam kandungan tumbuhan ini bisa kita pergunakan untuk menyembuhkan seperti perut kembung,nyeri otot dan sakit kepala serta antioksidan.

7. Lemon balm

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Tumbuhan herbal yang satu ini merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga mint yaitu lamiaceae dari Eropa,Asia tengah,Afrika Utara dan mediternia. Tumbuh tanaman ini sampai 70-140 cm,bau daunnya sedikit lemon dengan bentuk seperti mint.

Di Indonesia tanaman lemon balm ini selain dijadikan herbal untuk makanan dan minuman, juga digunakan sebagai tanaman obat,karena lemon balm ini memiliki khasiat yang dapat menghilangkan kecemasan dan menenangkan jantung.

Sifat dari tanaman ini adalah untuk relaksasi atau menenangkan sehingga dapat membantu unutk tidur bagi penderita insomnia dan membantu untuk meningkatkan daya ingat otak,memulihkan gangguan pencernaan serta menangani gigitan hewan yang berbisa.

Tanaman ini semuanya dapat kita manfaatkan dari mulai bunga,daun,minyak sampai dari biji dari lemon balm ini daoat kita manfaatkan. selain digunakan untuk menjadi minuman,ekstrak lemon balm ini juga bisa kita pergunakan untuk dunia internasonal.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kulit Eksim

Kandungan Nutrisi Daun Mint

Yang paling menonjol dari kandungan daun mint adalah antioksidannya yang mengandung beberapa vitamin A,vitamin C,D dan E. Selain itu, kandungan mineral juga terdapat didalam daun mint yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor. Serbuk daun mint mengandung lemak 0.03 gram,karbohidrat 0.48 gram,serat,0.30 gram,2 kalori, dan protein 0.12 gram dari setiap 2 sendok makan.

Fakta Tentang Daun Mint

Pada saat musim panas daun mint sangat mudah didapatkan. Tanaman obat yang menyegarkan ini memiliki banyak kegunaan,selain segar dan menyehatkan,minyak dari daun mint ini banyak digunakan untuk berbagai produk-produk seperti pasta gigi,shampo serta obat-obata. Daun mint tersebut dipilih karena properti antibakterinya dan juga rasanya yang dingin.

Menurut riset dunia medis, tanaman herbal ini memiliki kandungan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan. Daun mint ini kaya akan vitamin A dan vitamin C serta memiliki sedikit vitamin B2 dan mineral seperti kalsium,tembaga,seng dan magnesium. Nutrisi didalamnya memberikan keuntungan kesehatan yang tidak bisa diremehkan.

Ada beberapa fakta tentang daun mint :

  • Berasal dari Minthe,yaitu karakter dalam mitos Yunani.
  • Tanaman ini memiliki 30 jenis varian
  • Bangsa romawi kuno dan bangsa Yunani mennguanakan mint ini untuk memperkaya rasa masakan,parfum dan aksesoris mandi.
  • Bangsa Ibrani sering menyebar daun mint dilantai kuilnya karena daun mint ini memiliki bau harum yang khas.
  • Spearmint merupakan tumbuhan mint yang tumbuh dikebun.
  • Orang mexico menyebut mint dengan sebutan Yerba Bueno (herbal yang baik).
  • Daun mint ini berasal dari wilayah mediterania.
  • Ditemukannya daun mint yaitu dimakam yang berasal dari tahun 1000 SM.

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Daun Mint dapat Mengatasi Jerawat

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Daun mint memiliki kandungan asam salisilat yang sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Caranya dengan dicampurkan daun mint tersebut yang sudah ditumbuk dengan air mawar,kemudian gunakanlah sebagai masker. Setelah itu,diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Selain itu,daun mint juga mempunyai manfaat-manfaat yang lainnya buat kesehatan. Daun mint ini sudah tersebar di Asia,Eropa dan Timur tengah dan mengandung beberapa manfaat lainnya yaitu:

1. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Selain enak buat dikonsumsi daun mint ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu 31,8 mg dalam 100 gram daun mint, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Membantu Melancarkan Proses Pencernaan

Tanaman herbal ini dapat membantu proses pencernaan. Daun mint berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar ludah serta enzim yang ada disaluran pencernaan sehingga dalam proses pencernaan akan berjalan lancar.

3. Meredakan Sakit Kepala dan Mual

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Khasiat daun mint dapat meredakan sakit kepala serta mual karena daun mint ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dikenal sebagai obat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit.

4. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Tanaman ini sudah dikenal dengan sifat antispasmodik yaitu dapat meredakan kejang pada otot dan saraf. Dengan mengoleskan ekstrak daun mint secara teratur pada bagian tubuh yang mengalami nyeri otot akan membuat otot menjadi lebih rileks sehingga akan berpengaruh pada berkurangnya rasa nyeri pada otot.

5. Menurunkan Berat Badan

Daun mint merupakan tumbuhan herbal yang rendah kalori namun mengandung banyak serat. Kandungan daun mint akan membantu untuk menyerap nutrisi dan membakar lemak secara optimal.

kandungan lemak dalam tubuh akan langsung berubah menjadi energi dalam tubuh. Jika ingin yang lebih maksimal maka tambahkan daun mint ini pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Kandungan vitamin C dalam daun mint ini selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,vitamin C dan antioksidan juga berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab utama kanker pada manusia. Untuk lebih efektifnya lagi dengan menambahkan daun mint ini pada makanan atau minuman secara teratur Supaya mengurangi risiko kanker lebih efektif.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Selain vitamin C,daun mint juga mengandung vitamin A dan beta-karoten yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Orang yang memiliki gangguan penglihatan yang buruk atau orang lansia disarankan untuk mengkonsumsi daun mint ini secara rutin karena kandungan didalamnya sangat baik untuk menjaga agar gangguan tidak bertambah parah.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *