Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim,- Daun pandan merupakan jenis daun yang lancip serta panjang dan memiliki sidut siku-siku pada bagian daunnya. Jenis daun ini digunakan untuk masakan. Selain itu warna dari daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan.

Daun ini memiliki serat yang halus serta sangat mudah untuk dibuat campuran ke dalam masakan. Daun ini memang sangat mudah untuk ditemukan terkadang tumbuh dimedia pot. Daun pandan ini memiliki bau yang harum tetapi tidak mempunyai rasa yang khas.

Macam-macam Jenis Daun Pandan

1. Pandan Duri (Pandanus tectorius)

Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim

Pandan duri adalah salah satu daun pandan yang hidup tersebar luas didaerah-daerah terbuka didataran rendah. Tinggi batang daun pandan ini mencapai 4-11 meter serta memiliki diameter penutupan tajuk yang sama, Pandan ini biasanya tumbuh pada ketinggian 20-600 mdpl, serta menghasilkan daun 10-300 lembar pertahun (thomson et al 2006).

Di daerah jawa daun ini dikenal ada 4 macam jenis yaitu samak,litoralis,laevis,dan variegates. Pandan samak dan pandan ijo terdapat dipulau Bawean,Tasikmalaya dan Tangerang. Selain itu ada banyak jenis-jenis pandan samak yaitu pandan cucuk,pandan tikar,pandan kapur,pandan duri,pandan jaksi,jaraim dan betook.

2. Pandan Mengkuwang (Pandanus artocarpus)

jenis pandan yang satu ini bisa tumbuh mencapai 20 meter,Biasanya daun pandan ini terdapat di sebelah selatan Malaya dan pada bagian yang berdekatan dengan Indonesia.

Daun pandan ini memiliki panjang sekitar 600 cm dan lebarnya 15 cm,daun pandan ini bisa digunakan untuk membuat tikar (Purseglove 1972). Tumbuhan pandan ini berada didataran rendah dan yang terutama didekat laut. Daunnya sering digunakan untuk membuat tikar dan to[i di sumatera dan Bangka.

3. pandan Kowang (Pandanus furcatus)

Daun pandan ini dikenal juga dengan Pandanus houletti carriere,Pandanus lais Kurz dan Pandanus pseudolais Warb (Anonim 2008). Daun ini terdapat di Jawa,sumatera dan pulau yang lainnya,daun pandan ini sering digunakan untuk bahan baku anyaman (Widjaja et al 1989).

Jenis pandan yang satu ini tumbuh didaerah dataran rendah serta dataran tinggi, selain itu daun pandan juga biasa tumbuh didalam hutan atau ditempat-tempat yang rindang (Widjaja et al).

Tinggi batang daun pandan ini mencapai 11 meter,tegak dan berwarna putih kotor serta memiliki daun tungga berwarna hijau dan berbentuk lanset dengan ujung daun yang lancip dan ditepi daunnya bergerigi, daun ini memiliki panjang daun mencapai 75-90 dan lebar 3-5 cm (anonim 008c).

4. Pandan sepejam (Pandanus bicornis)

Panjang yang dimiliki daun pandan ini adalah 120 cm dengan lebar 5 cm, menurut widjaja et al tahun 1989 daun ini digunakan untuk bahan baku anyaman tikar dan topi. Biasanya yang duigunakan untuk anyaman adalah daun yang tua dan akan menghasilkan anyaman yang berwarna daun hijau kotor sehingga anyaman ini tidak banyak disukai.

5. Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

Pandanus odorus adalah naman lain dari pandan wangi ini. Tanaman ini lebih banak ditanam oleh orang melayu untuk mengambil daunnya yang wangi,panjang tumbuhan ini tidak lebih dari 1,5 meter (Purseglov 1972). Namun panjang daun yang tua mencapai 80-110 cm serta mempumyai lebar daunnya sekitar 6-8 cm (sevlam 2007).

Tumbuhan ini tidak pernah berbunga dan dikembangkan secara dipotong. Jenis daun pandan yang satu ini tidak digunakan sebagai bahan baku anyaman,karena jenis daun pandan ini merupakan jenis pandan yang mempunyai daun beraroma wangi.

Baca Juga : Manfaat Buah Nona Untuk Kulit Eksim

Kandungan Nutrisi Dalam Daun Pandan

Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku anyaman dan dimanfaatkan sebagai masakan, daun pandan ini ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Ini adalah kandungan dalam daun pandan dengan kandungan per 100 g :

  • Calories 24
  • Total Fat 0 g
  • Saturated 0 g
  • Polyunsaturated 0 g
  • Monounsaturated 0 g
  • Trans 0 g
  • Cholesterol 0 mg
  • Sodium 0 mg
  • Potassium 0 mg
  • Total Carbs 6 g
  • Dietary fiber 0 g
  • Sugars 0 g
  • Protein 35 g
  • Vitamin C 0,00%
  • Vitamin A 0,00%
  • Iron 0,00%
  • Calcium 0,00%

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Wajah

Daun Pandan ini memiliki manfaat yang telah dipercaya untuk mengangkat sel-sel mati di wajah dan membentuk sel-sel baru sehingga wajah akan terlihat lebih muda dan lebih cerah.

Daun pandan ini selain digunakan untuk Kesehatan wajah serta bisa menjadi pewarna alami,tumbuhan ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional beberapa penyakit. Kandungan yang ada dalam daun pandan ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya seperti saponin,polifeno,alkaloida,tanin dan zat warna.

Hal ini daun pandan dapat digunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi beberapa penyakit seperti :

1. Rematik

Rematik biasanya diderita oleh orang yang sudah lansia. Namun daun pandan ini bisa mengobati penyakit rematik itu.

2. Pegal Linu

Manfaat daun ini juga bisa mengobati orang yang mengalami pegal linu.

3. Obat Saraf

Rebusan daun pandan ini juga sangat berfungsi untuk mengobati beberapa masalah saraf dengan meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

4. Obat Gelisah

Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim

Bagi Anda yang mengalami masalah emosional dapat meminum secangkir air daun pandan yang telah disaring. Karena dengan meminum daun pandan itu Anda akan merasa tenang.

5. Darah Tinggi

Manfaat Daun Pandan Untuk Kulit Eksim

Daun pandan ini juga mampu untuk mengatasi darah tinggi (hipertensi). Caranya dengan direbus 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Setelah itu minum secara rutin yang sudah disaring secara 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *