Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

 

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim,- Pegagan atau dikenal dengan sebutan Centella asiatica merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan,ladang,perkebunan serta dipematangan sawah.

Tumbuhan ini sudah tersebar di asia tenggara termasuk Indonesia,India,Tiongkok,Jepang dan tumbuhan ini berasal dari daerah asia tropik. Selain pegagan tanaman ini dikenal dengan sebutan daun kaki kuda dan antanan.

Sejarah Daun Pegagan

Tanaman pegagan atau dikenal dengan nama Centella asiatica,atau sinoninmnya Hydrocotile asiatica atau ada juga nama ilmiahnya yaitu Pes equinus. Tanaman pegagan termasuk dalam Apiaceae atau Umbelliferae.

Tanaman ini banyak tumbuh dipematangan sawah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang bulat berwarna hijau serta berukuran kecil. Bunga yang terdapat ditanaman pegagan ini tersusun seperti payung dengan warna putih dan merah. Buahnya berukuran kecil dan beraroma harum serta berbentuk lonjong dan bergantung.

Di Sumatera masyarakat lebih mengenal yanaman ini dengan sebutan daun kaki kuda,daun penggaga,pegaga,pegagan,ampapaga. Dan masih banyak nama-nama yang lainnya sesuai dengan wilayah kota masing-masing.

Macam-macam Daun Pegagan

Macam-macam jenis daun pegagan yang sering banyak dijumpai adalah :

  • Pegagan merah

Daun pegagan biasanya banyak ditemukan didaerah bebatuan,kering dan terbuka dan sering disebut dengan antanan kebun. Tumbuhan ini tidak memiliki batang dan tumbuh merambat dengan stolon (geragih) tetapi memunyai rhizoma (rimpang pendek).

  • Pegagan Hijau

Tumbuhan yang satu ini seringkali kita temukan didaerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai pegagan yaitu tempat yang lembab dan terbuka serta ternaungi.

Tanaman ini mempunyai kandungan antipiretik (menurunkan demam),diaforetik (merangsang keringat) dan diuretik (memproduksi air seni).

Baca Juga : Manfaat Daun Mint Untuk Kulit Eksim

Kandungan Nutrisi Daun Pegagan

Centella asiatica atau daun pegagan ini memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside,thankuniside,sothankuniside,madecassoside,brahmoside,brahmic acid,brahminoside,madasiatic acid,meso-inositol,centelloside,carotenoids,hydrocotylin,vellarine,tanin dan garam mineral seperti kalium,natrium,kalsium,magnesium dan besi.

Diduga glikosida Tripernoida yang disebut juga asiaticoside adalah antilepra yang dapat membantu menyembuhkan luka yang sangat luar biasa. Dan rasa pahit didalamnya karena adanya zat vellarine.

Kebanyakan orang pegagan sering dikonsumsi untuk lalapan, namun ada juga yang dikeringkan untuk dijadikan teh dan ada juga yang diambil ekstraknya untuk dibuat menjadi kapsul atau diolah menjadi krem,salep,obat jerawat,maupun body lotion.

Fakta Tentang Daun pegagan

Tumbuhan ini sangat mudah untuk ditemukan. Tumbuhan ini tumbuh didaerah tropis dan sangat mudah ditemui diseluruh wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Berikut ini fakta-fakta tentang daun pegagan :

1. Sejak zaman dahulu tanaman ini dipercaya untuk meningkatkan ketahanan tubuh atau umur panjang serta membersihkan darah dan memperlancar air seni. Tanaman ini digunakan oleh masyarakat India,Pakistan,Malaysia,dan sebagian dari Eropa Timur.

2. Bangsa Eropa bahkan memanfaatkan tanaman pegagan ini untuk menyembuhkan lepra (TBC).

3. Selain itu di India digunakannya tanaman ini sebagai herba untuk awet muda dan juga dibuat dalam bentuk sirup untuk pengobatan epilepsi.

4. Sementara itu di Thailand tumbuhan ini dijadikan sebagai tonikum dan obat diare. Di Sri lanka juga memanfaatkan tanaman ini dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran air susu.

5. Di negara Vietnam tumbuhan ini dimanfaatkan karena dapat membantu mengatasi masalah lemah badan (senility). Sedangkan di negara Afrika dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit sifilis.

6. Sedangkan di Australia, tumbuhan ini telah dibuat menjadi obat dan memiliki manfaat untuk sebagai anti pikun dan sebagai anti stres.

7. Di negara Cina juga tanaman obat ini dimanfaatkan untuk memperlancar sirkulasi darah,jika dibandingkan dengan ginseng yang berasal dari korea tanaman ini lebih berkhasiat daripada ginseng.

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Daun Pegagan Bisa Mengatasi Tanda-tanda Penuaan

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Tanda-tanda penuaan diakibatkan oleh menurunnya jaringan kolagen pada kulit. Daun pegagan bisa mengatasi masalah tersebut karena daun pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan daun ini dapat membantu untuk mencegah dari penuaan dini.

Selain itu daun pegagan ini mampu mengurangi keriput serta mampu mengembalikan kesegaran kulit yang telah hilang. Selain mencegah penuaan dini daun pegagan juga mempunyai manfaat yang lainnya seperti :

1. Membantu Mencerdaskan Otak

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Daun pegagan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan yang cukup populer di Indosesia adalah untuk kecerdasan otak dan meningkatakan daya ingat seseorang. Daun pegagan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel otak dan memberikan nutrisi yang cukup serta melancarkan peredaran darah ke otak. Kandungan ini dikarenakan adanya kandungan asiaticosida yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan melindunginya dari kerusakan.

2. Menghilangkan Stres

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan senyawa triterpenoid yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran. Yaitu dengan melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak sehingga meredakan stres dan beban pikiran. Menurut para pakar kesehatan daun pegagan ini berfungsi untuk mengatasi masalah stres berat dan beban pikiran yang kalut.

3. Mencegah Kanker

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Daun pegagan juga bisa mencegah adanya kanker,tumor dan beberapa penyakit degeneratif lainnya,karena daun pegagan ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

4. Detoksifikasi Alami

Tumbuhan ini memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh dan mempunyai sifat alami sehingga dapat memaksimalkan pembuangan racun dalam tubuh. Dan Penumpukan racun tersebut dapat dipecah dan dibersihkkan melalui feses.

Manfaat yang lainnya tumbuhan ini dapat mengurangi penumpukan garam dan lemak yang berlebihan didalam tubuh. Dan dapat menjaga kesehatan ginjal juga karena ginjal akan semakin ringan saat proses detoksifikasi

5. Mengobati Luka

Daun pegagan ini bisa digunakan sebagai obat luar seperti menyembuhkan luka ringan dan menghentikan peredaran darah akibat luka tersebut. Karena didalam daun pegagan ini memiliki kandungan saponin dan triterpenoid yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka denan cara meningkatkan kadar antioksidan pada area kulit.

Manfaat ekstrak dari daun pegagan ini bekerja secara alami tanpa adanya efek samping.

6. Menyembuhkan Luka Bakar

Kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri membantu untuk menyembuhkan luka bakar. Selain itu, daun pegagan ini berfungsi untuk mempercepat proses pengobatan psoriasis,dermatitis dan jenis penyakit kulit lainnya.

Daun pegagan ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan produksi fibroblas. Fibroblas berfungsi untuk memproduksi kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan meminimalisir adanya bekas luka yang nantinya akan timbul pada kulit.

7. Melindungi Organ Hati

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun pegagan secara teratur maka akan dapat melindungi organ hati dari kerusakan . Semua zat kimia yang terdapat didalam organ hati akan dibersihkan sehingga fungsi hati akan bekerja secara maksimal.

8. Melawan Virus dan Bakteri

Ekstrak dari daun pegagan ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyakit itu seperti flu,batuk,kolera,herpes zoster,disentri,infeksi saluran kemih,kusta,tuberkulosis,flu babi dan lainnya.

9. Membantu Mengobati Demam

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit Eksim

Sebagian orang memanfaatkan daun pegagan ini sebagai obat penurun panas demam dengan cara menumbuk daun pegagan dan dicampurkan dengan sedikit air. lalu digunakan sebagai kompresan dikening.

10. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

pemicu timbulnya penyakit yang berbahaya dan bisa mengancam tubuh karena terjadinya adanya penyumbatan pembulu darah. Manfaat dari daun pegagan ini yaitu bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga tubuh akan terhindari dari penyakit kronis.

Kemampuan daun pegagan ini memiliki kemampuan untuk menjaga dinding pembulu darah dan kapiler sehingga tidak akan terjadi kebocoran dan membuat sistem aliran darah menjadi lancar.

11. Mencegah Hipertensi

Daun pegagan ini dapat menstabilkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi ancaman penyakit kardiovaskular. Hal ini sangat penting bagi kesehatan untuk terhindar dari serangan jantung,stroke dan beberapa penyakit mematikan lainnya.

12. Mencegah Osteoporosis

Manfaat tumbuhan ini juga sangat berfungsi untuk kesehatan tulang. Tumbuhan herbal mengandung senyawa yang berkhasiat untuk kepadatan tulang agar tulang tidak mengalami keropos (osteoporosis). Selain itu manfaat daun pegaan ini dapat merangsang pertumbuhan sel baru dan meningkatkan produksi kolagen serta mengobati peradangan.

Ekstrak dalam daun pegagan juga bermanfaat bagi kecantikan karena berkhasiat untuk meremajakan kulit tubuh serta menjadi pelindung kulit yang baik.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *