Manfaat Daun Turi Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Turi Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Turi Untuk Kulit Eksim

Manfaat Daun Turi Untuk Kulit Eksim,- Tanaman turi merupakan tanaman yang berkayu lunak serta berumur pendek. Pohon turi ini memiliki tinggi mencapai 5-12 meter dan memiliki akar berbintil-bintil yang berfungsi untuk menyuburkan tanah.

Selain itu bunga dari tanaman ini juga memiliki ukuran yang besar dan keluar dari rantingnya. Jika bunga mekar maka bentuk bunga tersebut berbentuk seperti kupu-kupu. Bunga turi ini memiliki warna merah dan putih. Tanaman ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias dihalaman-halaman rumah dan di sawah-sawah sebagai tanaman pelindung.

Kandungan Daun Turi

Manfaat Daun Turi Untuk Kulit Eksim,- Getah yang terdapat pada tanaman turi memiliki kandungan zat pewarna yaitu agatin dan zantoagatin. Selain itu bijinya terdapat kandungan protein sekitar 70%. Tanaman turi juga memiliki kandungan kimiawi pada daunnya yaitu saponin sedangkan pada bunganya terkandung banyak vitamin B.

Akar tanaman turi memiliki kandungan bahan aktif yang bersifat anti turbekolosis terhadap bakteria. Setiap 100 gram berat kering,daun ini memiliki kandungan sekitar 36% protein kasar dan 9600 IU vitamin A,serat 5-18%,kalsium,saponin,protein,besifosfor,sodium,riboflavin,niacin,vitamin C,dan juga tanin.

Baca Juga : Manfaat Daun Suruhan Untuk Kulit Eksim

Khasiat dan Manfaat Daun Turi

Daun Turi  Dapat Mengatasi Jerawat

Remaja biasanya paling rentan terkena jerawat karena masih dalam masa pertumbuhan,namun jerawat tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun turi ini dengan cara melumatkan daun turi merah lalu tempelkan pada jerawat Anda.

Tanaman turi merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk membantu mengobati berbagai penyakit mulai dari penyakit yang ringan sampai kronis. Beriku ini ada beberapa manfaat dari tanaman turi untuk kesehatan yaitu :

1. Meredakan Radang Tenggorokan

Daun turi memiliki kandungan yang berfungsi untuk meredakan radang pada tenggorokan. Cara untuk mengobatinya yaitu dengan cara merebus daun turi secukupnya dengan air lalu gunakan air rebusan itu untuk berkumur-kumur secara rutin hingga radang tenggorokan tersebut sembuh.

2. Mencegah Osteoporosis dan Arthritis

Kandungan vitamin dan kalsium dalam daun turi ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan juga mampu untuk mencegah osteoporosis serta arthritis terutama bagi orang tua.

3. Mengatasi Lemah Otot

Khasiat kandungan dari daun turi juga ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan masalah yang terjadi pada otot seperti lemah otot,mati rasa,libido,frigiditas,impotensi dan juga penyakit lain yang berhubungan dengan otot. Daun turi memiliki kandungan fosfor yang akan membantu agar Anda bisa tetap bugar untuk beraktivitas.

4. Mengatasi Migrain

Apabila tubuh Anda kekurangan kandungan riboflavin maka Anda bisa terkena migrain atau sakit kepala. Namun jika Anda mengkonsumsi daun turi ini maka Anda akan mendapatkan asupan riboflavin ini.

5. Mencegah Alzheimer

Daun turi memiliki kandungan vitamin B1 yang berfungsi untuk menghambat perkembangan dari penyakit alzheimer. Menu diet penderita alzheimer yaitu bisa mengkonsumsi daun turi agar asupan vitamin B1 bisa tercukupi.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu kandungan yang terdapat didalam daun turi adalah selenium yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus sebagai nutrisi utama untuk menghambat perkembangan virus seperti HIV penyebab penyakit AIDS.

7. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Kurangnya zat besi dalam tubuh akan mengakibatkan beberapa masalah pada kulit seperti kulit pucat dan lingkaran hitam dibawah mata. Hal ini juga menjadi gejala umum yang ditimbulkan penderita anemia.

Apabila zat besi dalam tubuh kurang maka akan membuat juga hemoglobin menurun seehingga produksi sel darah merah juga akan berkurang. Selain itu,aliran oksigen juga akan terhambat karena kekurangan zat besi juga membuat kulit terlihat pucat.

Untuk itu Anda juga dapat mengkonsumsi daun turi untuk menambah asupan zat besi dalam tubuh,karena daun turi memiliki kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya.

8. Membantu Perkembangan Janin

Kandungan folat dalam daun turi ini ternyata berfungsi untuk mendukung perkembangan janin pada masa kehamilan. Apabila pada masa kehamilan tubuh kekurangan kandungan folat maka perkembangan janin akan terhambat dan akan mengakibatkan bayi yang terlahir cacat akan semakin besar.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Daun turi juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi daun turi adalah salah satu pilihan terbaik karena daun turi mengandung kebutuhan vitamin C tubuh setiap harinya.

10. Menyembuhkan Luka dan Masalah Kulit

Kandungan dalam daun turi ini dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan juga dapat menyembuhkan gatal serta memar karena memiliki sifat anti bakteri.

11. Mengatasi Sensasi Perut dan Tubuh Terbakar

Mengkonsumsi daun turi secara rutin akan membantu untuk menghilangkan sensasi terbakar yang terjadi pada tubuh,perut,mata kaki dan juga tangan. Selain dapat membantu untuk mengatasi masalah ini,daun turi juga tidak menimbulkan efek samping.

12. Mengatasi Kontinuitas

Kondisi ini terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan juga teh. Rasa terbakar pada bagian tangan dan juga kaki serta panas tubuh yang meningkat disebabkan oleh kontinuitas. Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan cara mengkonsumsi daun turi secara rutin.

13. Mengatasi Rabun Senja

Daun turi juga dapat mengatasi rabun senja dengan cara mengkonsumsi daun turi ini dalam masakan seperti tumis atau lalap.

14. Menyembuhkan Kuku Bengkak

Jika Anda mengalami kuku bengkak,Anda juga dapat memanfaatkan daun turi ini dengan cara menumbuk daun turi ini sampai halus.

Lalu balurkan ke sekitar area kuku yang sakit dan bengkak setelah itu bungkus dengan perban agar tidak mudah lepas. Gunakan ramuan ini secara rutin 3 sampai 4 kali sehari sampai bengkak disekitar kuku bisa sembuh.

15. Mengatasi Keputihan

Bagi wanita daun turi bisa menjadi solusi Anda untuk mengatasi keputihan yang menimbulkan rasa gatal dan bau tidak sedap.Caranya Anda cukup menghaluskan daun turi dan kunyit dan ditambahkan 3/4 air matang lalu aduk sampai rata. Setelah itu peras dan saring ramuan ini lalu minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Sumber : https://pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *