Manfaat Genjer Untuk Kulit Eksim

Manfaat Genjer Untuk Kulit Eksim

Manfaat Genjer Untuk Kulit Eksim,- Genjer adalah tanaman rawa yang sering ditemukan di sawah atau perairan yang dangkal. Tanaman genjer ini memiliki nama latin yaitu Limnocharis flava yang berasal dari Amerika. Tanaman genjer berkembang biak secara generatif dengan biji dan vegetatif dengan anakan (sulur).

Manfaat Genjer Untuk Kulit Eksim

Tanaman genjer ini dapat menyebar dalam waktu cepat ke seluruh lahan basah dataran rendah dan juga menengah di Indonesia,terutama di lahan sawah. Tanaman genjer menjadi gulma bagi tanaman padi sawah.

Tanaman genjer bukan menjadi gulma potensial mengancam tanaman padi,meskipun tanaman genjer ini dapat menyebar dalam waktu cepat ke area persawahan.

Tanaman genjer ini berbeda dengan eceng gondok yang akan menjadi gulma yang mengancam perairan tropis,sehingga sangat sulit untuk diatasi,namun tanaman genjer tidak terlalu mengganggu tanaman padi di sawah.

Bahkan dengan adanya tanaman genjer para petani dapat memanfaatkannya sebagai sayuran yang cukup lezat citarasanya.

Baca Juga : Manfaat Buah Cermai Untuk Kulit Eksim

Kandungan Zat Tanaman Genjer

Tanaman genjer memiliki daun dan bunga yang mengandung kardenolin. Selain itu daunnya juga memiliki kandungan seperti polifenol dan juga flavonoida. Dalam setiap 100 g genjer mengandung sebagai berikut :

  • Energi 39 kkal
  • Protein 1,7 g
  • Karbohidrat 7,7 g
  • Kalsium 62 mg
  • Fosfor 33 mg
  • Zat besi 2.1 mg
  • Serat

Khasiat dan Manfaat Tanaman Genjer Untuk Kulit Eksim

Menyehatkan Kulit

Manfaat Genjer Untuk Kulit Eksim,- Kesehatan kulit menjadi hal yang patut untuk diperhatikan terutama bagi kaum wanita,karena ancaman jerawat,keriput pada wajah,penuaan dini,penyakit kulit seperti eksim dan juga lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi sayur genjer akan mendapatkan asupan kaya gizi yang akan membantu menjaga kesehatan kulit.

Tanaman genjer memiliki kandungan zat bergizi yang akan membantu Anda untuk menghindari dari berbagai resiko kerusakan kulit dan penyakit kulit seperti eksim.

Selain itu juga,tanaman genjer memiliki kandungan yang dipercaya memiliki manfaat dan khasiat diantaranya :

1. Melancarkan Pencernaan

Tanaman genjer memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu untuk melancarkan pencernaan. Apabila seseorang mengkonsumsi genjer secara rutin dapat terbebas dari resiko terkena kanker kolon dan juga sembelit atau susah buang air besar.

2. Menambah Cadangan Energi

Kandungan lemak yang terdapat didalam genjer mampu berperan sebagai cadangan energi didalam tubuh Anda.

3. Memperbarui Sel-sel Tubuh

Tanaman genjer memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang berfungsi sebagai alat bantu dalam memproduksi sel-sel yang terdapat didalam tubuh kita.

Dalam setiap harinya tubuh kita akan selalu memperoduksi begitu banyak sel,hal ini dikarenakan agar dapat mengganti sel-sel yang sudan tidak berfungsi lagi. Kandungan protein inilah yang dapat membantu dalam memproduksi sel-sel baru tersebut didalam tubuh kita.

4. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung Dan Kanker

Tanaman genjer memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

5. Memperkuat Tulang

Tanaman genjer memiliki kandungan kalsium yang sangat beroeran dalam pertumbuhan tulang dan akan membantu untuk mencegah resiko terkena penyakit osteoporosis.

6. Menambah Nafsu makan

Dengan mengkonsumsi genjer maka akan menambah nafsu makan. Hal ini disebabkan karena tanaman genjer mampu menggugah selera makan Anda dengan aroma dan citarasanya. Apabila nafsu Anda menurun maka metabolisme tubuh Anda juga ikut menurun.

7. Menyehatkan Gigi

Selain untuk menyehatkan tulang,genjer juga mampu untuk membantu menyehatkan gigi dengan kandungan kalsiumnya. Hal ini juga sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

8. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah yang akan menyebabkan lunglai,lesu dan lemah,oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi daun genjer. Karena genjer memiliki kandungan zat besi yang akan membantu untuk memproduksi sel darah merah.

Sumber : pakareksimkeringdanbasah.co.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *